Selasa, 07 Februari 2023

Februari Ceria ke-8 tanggal 08/02/2023

Februari Ceria ke-8
Tantangan ke-8 menulis Februari Ceria 2023 
Tanggal 08 Februari 2023
Tema Pendidikan. 

MODEL SITUASI-MAKNA-AKSI
Refleksi Diri – Praktik Model Refleksi Situasi-Makna-Aksi

Nunung Fika Herawati Efendi, S.Pd

Deskripsi
Refleksi adalah salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru Indonesia dalam meningkatkan peran dan tanggungjawab profesionalnya.

Melalui kegiatan refleksi pembelajaran, diperoleh lah informasi positif dan negatif mengenai kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan, serta bagaimana guru bisa meningkatkan kualitas pembelajaran tersebut.

Sebagai pendidik, apa yang membuat Anda mempelajari topik ini?
Karena dalam pembelajaran butuh refleksi untuk mengetahui umpan balik peserta didik

Bagaimana Anda menilai pola piki Anda selama ini dalam melakukan refleksi? Pola pikir apa yang masih perlu Anda perbaiki? (Jawablah berdasarkan 3 sikap dasar refleksi yang sudah dipelajari)
Pertanyaan di atas merupakan pertanyaan yang subjektif. Artinya, setiap orang (seharusnya) memiliki jawaban yang berbeda-beda, tergantung dari pengalaman dan perspektif mereka masing-masing.

Dalam proses pembelajaran, refleksi merupakan cara bagi siswa untuk memahami pengetahuan yang baru saja dipelajari. Tentu saja, pola pikir yang harus diterapkan dalam proses ini adalah pola pikir yang positif. Pola pikir positif mendorong siswa untuk terus antusias dalam mencari tahu dan mau memahami pengetahuan-pengetahuan yang didapatkan, beberapa contoh refleksi pembelajaran:
Mengingat ulang materi yang sudah dipelajari.
Sikap positif selama kegiatan belajar.
Efektivitas metode pembelajaran.
Rencana tindakan peningkatan belajar.
Simpan

Sebagai pendidik, apa hal yang ingin anda kembangkan pada diri Anda? Dari hal itu, tujuan belajar apa yang bisa Anda buat? (gunakan metode SMART dalam merumuskan tujuan Anda)

Tujuan Pengembangan Pendidik dengan metode SMART:

1. Spesifik: Saya akan mengembangkan kemampuan komunikasi digital pada murid-murid di Ds. Doplang dalam 1 tahun ke depan, karena pembelajaran semakin terbuka bagi kemampuan digital dengan wilayah global dan sistem bekerja jarak jauh.

2. Measurable:

2 bulan ke1 : Mencari kontak siswa
4 bulan ke2 : Memiliki tim kecil dengan projek utama.
2 bulan ke3 : Membangun komunitas 
4 bulan ke4 : Mengembangkan agensi dengan manajemen.

3. Achieveble:

Target 5 bulan ke1 telah dimulai

4. Relevant

Tujuan tersebut bermanfaat? Bermanfaat membuka komunitas
Ini adalah waktu yang tepat? Sangat tepat di jaman digital dan global
Sesuai dengan kebutuhan yang lain? 
Sesuai dengan keadaan lingkungan saat ini? Saat ini belum sesuai namun perlahan melalui edukasi akan disesuaikan.
5. Timely

Tahap I (1 tahun) tahun 2022 - 2023.

Metode SMART adalah metode yang digunakan sebagai panduan untuk menetapkan tujuan, target atau sasaran. Kata SMART pada metode SMART ini adalah akronim dari Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Timely. Yaitu dengan metode SMART adalah menggabungkan semua kriteria ini membantu memfokuskan upaya kamu dalam meningkatkan peluang untuk mencapai tujuan atau tersebut.

Kondisi seperti apa yang biasanya membuat Anda belajar lebih optimal?
Kondisi yang tenang

Salah satu proses regulasi diri dalam fase aksi adalah pengendalian diri. Apa hal yang biasanya membuat Anda teralihkan dari tujuan/tugas?
Regulasi diri adalah mekanisme internal yang membantu anak-anak dan orang dewasa untuk terlibat dalam perilaku yang penuh perhatian dan disengaja. Dengan kata lain, diperlukan kemampuan untuk mengendalikan impuls supaya bisa fokus dan berhenti berperilaku negatif.
Regulasi diri yang baik akan memberikan kesempatan kita untuk memikirkan situasi dan tindakan. Beserta konsekuensi yang mungkin terjadi.

Apa apresiasi yang biasa Anda berikan pada diri sendiri jika berhasil mencapai suatu tujuan?
Istirahat yang cukup, membawa diri pada perasaan yang membahagiakan seperti membuat sebuah tulisan

Cobalah berpikir sejenak dan identifikasi hal berikut yang berkaitan dengan sosok Anda sebagai pemelajar. - kekuatan - area yang perlu dikembangkan
Pertanyaan di atas merupakan pertanyaan yang subjektif. Artinya, jawabannya dapat berbeda-beda, tergantung dari masing-masing orang dan pengalamannya. Oleh karena itu, saya hanya akan memberikan contoh jawaban yang dapat diberikan.

Sebagai pemelajar atau siswa, kekuatan saya adalah konsentrasi yang lama. Saya dapat menaruh perhatian terhadap suatu topik dan berkonsentrasi hingga memahaminya, meskipun hal tersebut membutuhkan waktu yang lama.

Area yang perlu dikembangkan bagi saya adalah skill komunikasi dan sosial saya. Saya masih belum pandai bersosialisasi dengan sesama pembelajar.

Sebelumnya Anda sudah membuat tujuan belajar yang ingin Anda capai dari topik ini. Sekarang mari refleksikan, langkah apa yang sudah Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut?
Rehat, refleksi, rencana

Selama ini, apa yang biasanya menghambat Anda memulai refleksi? Lalu apa yang bisa Anda lakukan untuk melakukan refleksi dengan konsisten?
Tidak mengalami hambatan memulai refleksi

Dari 2 model refleksi yang dipelajari, model mana yang Anda mau coba gunakan? Mengapa?
model pembelajaran Blended Learning. 
Karena melibatkan wali murid dan guru adalah fasilitator.

Tidak ada komentar:

Berkunjung ke rumah Bu Fasilitator dan Pak Pendamping Praktik

Hari ini Senin tanggal 15 April 2024 Saya bersama teman-teman berkunjung ke rumah Bu Fasilitator ibu Sudarsi, S.Pd., M.Pd dan pak PP Bapak H...