Sabtu, 23 September 2023

Modul 1.3 Guru Penggerak: ATAP (A-set, T-antangan, A-ksi, dan P-erubahan) Sebelum Membuat Prakarsa Perubahan

 

Modul 1.3 Guru Penggerak: ATAP (Aset, Tantangan, Aksi, dan Perubahan) Sebelum Membuat Prakarsa Perubahan

Prakarsa perubahan adalah salah satu tugas utama dari guru penggerak. Melalui prakarsa perubahan,  guru penggerak diharapkan dapat mendorong terjadinya perubahan positif di sekolah atau lingkungan sekitarnya. Untuk merumuskan prakarsa perubahan yang efektif, guru penggerak perlu menggunakan pendekatan ATAPATAP merupakan singkatan dari asettantangan, aksi, dan perubahan.

A-set

Aset adalah hal-hal yang dapat mendukung tercapainya prakarsa perubahan. Bagian yang menceritakan aset yakni kekuatan atau hal positif atau potensi yang dapat diberdayakan sebagai kondisi awal untuk memulai suatu perubahanAset dapat berupa sumber daya manusia, sumber daya alam, atau sumber daya finansial.

Contoh aset yakni: Guru yang berdedikasi dan bersemangat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, sarana dan prasarana yang memadai, dukungan dari kepala sekolah dan pengawas.

T-antangan

Tantangan adalah hal-hal yang dapat menghambat tercapainya prakarsa perubahanTantangan dapat berupa faktor internal maupun eksternal yang perlu dilampaui demi mewujudkan harapan atau mencapai visi.

Contoh dari tantangan yakni: kurangnya motivasi belajar siswa, belum optimalnya penggunaan teknologi dalam pembelajaran, masih adanya guru yang belum menguasai metode pembelajaran aktif.

A-ksi

Aksi adalah langkah-langkah yang akan diambil untuk mengatasi tantangan dan mencapai perubahan yang diinginkan. Aksi juga merupakan bagian yang menceritakan kontribusi individu pendidik yang dapat dimanfaatkan untuk menjawab tantangan dan mewujudkan harapan.

Contoh dari aksi yakni: melakukan pelatihan motivasi belajar siswa, menyediakan program pembelajaran berbasis teknologi, melakukan pendampingan guru untuk menguasai metode pembelajaran aktif

 P-erubahan

Perubahan adalah hasil yang diharapkan dari prakarsa perubahan.. Dasar perubahan dikembangkan dari bagian yang menceritakan pelajaran. Pelajaran bukan hanya menjawab tantangan, namun mencakup pembelajaran yang bermakna yang diharapkan tumbuh dan melekat, dibawa murid hingga dewasa.

Berikut adalah contoh penerapan pendekatan ATAP dalam merumuskan prakarsa perubahanSiswa menjadi lebih termotivasi untuk belajar, Pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien, Kualitas pembelajaran meningkat

Pendekatan ATAP dapat membantu guru penggerak untuk merumuskan prakarsa perubahan yang lebih efektif dan realistis. Dengan mempertimbangkan asettantangan, aksi, dan perubahanguru penggerak dapat meningkatkan peluang keberhasilan prakarsa perubahan yang diusungnya.

Berikut adalah beberapa tips untuk menerapkan pendekatan ATAP dalam merumuskan prakarsa perubahan:

1.    Melakukan analisis menyeluruh terhadap asettantangan, dan perubahan yang diinginkan. Melibatkan pemangku kepentingan terkait dalam proses perumusan prakarsa perubahanMembuat prakarsa perubahan yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berjangka waktu. Mengevaluasi prakarsa perubahan secara berkala untuk memastikan efektivitasnya.

 Dengan menerapkan pendekatan ATAP secara cermat, guru penggerak dapat menjadi agen perubahan yang efektif dalam pendidikan.

Tidak ada komentar:

Berkunjung ke rumah Bu Fasilitator dan Pak Pendamping Praktik

Hari ini Senin tanggal 15 April 2024 Saya bersama teman-teman berkunjung ke rumah Bu Fasilitator ibu Sudarsi, S.Pd., M.Pd dan pak PP Bapak H...