Jumat, 21 Januari 2022

Resume Pertemuan ke-3 Gelombang 23-24 Pelatihan Belajar Menulis PGRI

"Blog dan Youtube Mengantarkanku Menjadi Guru Inspiratif Terbaik Nasional" 
 
 Waktu Pelaksanaan : Jum'at 21 Januari 2021 
Pukul                           :19.00-21.00 Wib

Media Pelaksanaan  : Daring Via Wa Grup

Narasumber               : Rita Wati, S.Kom 

Moderator                   : Ibu Rosminiyati 

Narasumber  : Rita Wati, S.Kom
Moderator      : Rosminiyati

Malam hari ini saya bersama anak-anak membuat kue, setelah selesai sambil istirahat mengikuti pertemuan ketiga pelatihan menulis, pelatihan kali ini sangat menakjubkan berkat blog dan youtube mampu mengantarkan narasumber menjadi guru inspiratif terbaik nasional. 
Bersyukur saya bisa gabung dan dipertemukan dengan pelatihan belajar menulis bertemu dengan orang-orang hebat, bisa belajar langsung dengan narasumber yang ilmunya tidak diraguan lagi, komunitas yang saling mendukung saling memotivasi yang selalu memberikan banyak pengalaman wawasan kepada saya.
Narasumber malam biasa disapa Bu Rita, seorang guru hebat, alumni pelatihan belajar menulis asuhannya Omjay yang telah berhasil menulis buku solo berkolaborasi dengan Prof. Ekoji dan menembus penerbit mayor, peraih lomba blog juga segudang prestasi yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Malam ini di dampingi moderator cantik nan baik hati Bunda Ros membahas tentang Blog dan Youtube Mengantarkanku Menjadi Guru Inspiratif Terbaik Nasional.
Blog tidak hanya mengacu pada platform blogger.com, melainkan pada platform lain seperti medium, typepad, wordpress dsb yang menyediakan kemudahan ketika user ingin membuat sebuah halaman web yang akan diisi konten artikel.

Aktivitas menulis di blog disebut dengan Blogging, sedangkan penulisnya disebut Blogger. Umumnya blog berisi jurnal pribadi, seperti catatan harian, keluh kesah, karya, opini terhadap suatu permasalahan hingga hal yang tidak terlalu penting, ada juga blog yang berfokus pada konten tertentu atau disebut blog Niche. Contohnya blog yang hanya membahas tentang SEO, teknologi, pertanian, kesehatan ataupun pendidikan. Manfaat Blog dapat Mengasah Kemampuan Menulis, Media Bertukar, Informasi, Menghasilkan Uang, Sebagai Media Promosi dan Penjualan Produk
Menambah Jaringan atau Relasi Kerja, Media Bertukar Cerita, Sebagai Media untuk Berbisnis, Sebagai Media untuk, Mendapatkan Pekerjaan yang lebih 

Youtube merupakan sebuah website yang terdapat fasilitas video atau sebatas menikmati berbagai video klip yang diunggah oleh pengguna lain. Terdapat berbagai macam video yang dapat diunggah ke situs ini, seperti misalnya video klip musik, film pendek, film televisi, trailer film, tutorial game, memasak dalam video edukasi, video blog milik para vlogger, video tutorial berbagai macam aktivitas bisa pertanian, kajian dan lain-lain.

1. PEMBUKAAN
Sesi Materi materi pada malam ini ,
Agar kita mengenal sosok narasumber hebat kita, marilah sama-sama kita simak 
Berawal dari ketertarikan narasumber dengan menulis sudah cukup lama sejak 2 dekade di awal ia menjadi mahasiswa. Karena pada saat itu narasumber berteman dengan seorang penulis yang telah menerbitkan buku. Akan tetapi ia tidak tahu mau menulis apa dan bagaimana cara memulainya. Sehingga keinginan tersebut hanya keinginan yang terpendam tanpa di eksekusi.
Tentunya Bapak/Ibu sudah tidak sabar dengan juurus-jurus capaian prestasi yang luar biasa dari guru inspiratif terbaik Nasional kita. Untuk itu, ruang _chat_ ini saya serahkan seluas-luasnya kepada Ibu Rita Wati, S,Kom. Ucapan Terimakasih kepada Bu Ros semoga sehat sampai acara berakhir terimakasih sudah berkenan untuk mendampingi Bu Rita selaku narasumber.

2. MATERI
Assalamualaikum wr wb.
Selamat malam salam sejahtera untuk Bpk/ibu hebat di seluruh Indonesia yang telah bergabung di group Belajar Menulis gelombang 23 dan 24.
Perkenalan nama  Rita Wati, S.Kom merupakan Guru Informatika di SMP Negeri 2 Mendoyo Kab.Jembrana Provinsi Bali. Selain itu juga merupakan alumni Gel 10 Belajar Menulis PGRI yang diprakarsai oleh Om Jay.
Hari ini beliau  mendapatkan kehormatan kembali dari Om Jay yang telah mengundang saya untuk menjadi narasumber.Beliau mulai menjadi narsum di Kelas Belajar Menulis ini sejak gel 16. Sebelumnya saya ingin bertanya terlebih dahulu kepada Bpk/ ibu setelah melihat Profil beliau apa yang ada dalam pikiran Bpk/ibu mohon beri 1 atau 2 kata lewat link di bawah ini. 
https://www.menti.com/ma39oqgy8q
Silakan dibuka link-nya, Bapak/Ibu.
sudah 15 jawaban yang masuk terimakasih yang sudah berkenan menjawab
Baik terimakasih Bpk/ibu yang telah berkenan menjawab dan jawabannya membuat saya melambung jauh dan hampir saja terjatuh
Bapak/ibu hari ini beliau hanya sekadar sharing pengalaman, bagaimana beliau yang awalnya hanya seorang Guru Biasa menjadi Guru Berprestasi Tingkat Nasional
Jawabannya sangat sederhana : Berawal dari Mengikuti Kelas Belajar Menulis Seperti Bapak/ibu saat ini. Nah setelah membaca jawaban beliau, sekarang saya bertanya kembali Bapak/ibu Apa cita-cita tertinggi Bpk/ibu setelah mengikuti Kelas Belajar Menulis ini?
 https://www.menti.com/esycao65ip
silakan dijawab ya Bpk/ibu akan kita amiinkan bersama-sama sebagai doa dan harapan yang ingin Bpk/Ibu capai, Baik terimakasih kepada Bpk/Ibu yang telah menuliskan harapannya setelah mengikuti Kelas Belajar Menulis ini. Semoga apa yang Bpk/ibu cita-citakan akan segera terwujud tidak kurang dari 1 bulan.
Begitulah cita-cita beliau sewaktu mengikuti kelas BL ini, sederhana hanya ingin menerbitkan buku solo dan tidak pernah berpikir terlalu jauh. Begitu juga ketika beliau menjadi peserta. Beliau sangat salut dengan prestasi Narsum sampai beliau sendiri berkata dalam hati hebat apa saya bisa seperti itu, ternyata beliau bisa berprestasi seperti narasumber yang beliau saluti dulu
Baik Bpk/ibu Bu Rita akan sharing sedikit pengalaman bagaimana perjalanan beliau menjadi penulis hingga ditawarkan menjadi kurator, editor, moderator dan sekarang diundang sebagai narsum hingga Menjadi juara blog dan Guru Inspiratif Terbaik Nasional
Awal mula ketertarikan beliau dengan menulis sudah cukup lama sejak 2 dekade lalu tahun 2001 di awal menjadi mahasiswa. Karena pada saat itu saya berteman dengan seorang penulis yang telah menerbitkan buku. Akan tetapi beliau tidak tahu Mau menulis apa dan Bagaimana cara memulainya. Sehingga keinginan tersebut hanya keinginan yang terpendam tanpa di eksekusi. 4 tahun kemudian di tahun 2005, keinginan itu mulai menggebu kembali, saat itu saya tidak terlalu aktif mencari tahu group belajar menulis/ kelas menulis karena pada saat itu tidak seramai sekarang pelatihan menulis.Akhirnya beliau menulis apa yang ada di dalam pikiran, dan  berhasil menghasilkan beberapa cerpen ala beliau dan puncaknya ingin membuat novel dan telah berhasil sebanyak 80 halaman. Akan tetapi lucunya ketidakpedean beliau mengalahkan cita-cita beliau , beliau tidak berani tulisan dibaca oleh orang lain. Sehingga tulisan itu diendapkan di Hidden folder. Pada akhirnya saya men-judge diri saya sendiri dengan tulisan "KAMU TIDAK BERBAKAT MENJADI PENULIS" Lama beliau tidak menghiraukan tentang tulisan. Akhirnya PANDEMI DATANG Semua menjadi berubah, beliau sudah lama mengetahui group menulis Om Jay, tapi lucunya saya tidak pernah tertarik.Pada saat gelombang 10, kebetulan juga lagi pandemi akhirnya saya coba-coba ikutan.
Yang namanya coba-coba ya hanya sekadarnya saja. Pertemuan 1-5 beliau hanya sekadar membuat resume. yang penting sudah mengerjakan tugas itu pikiran beliau saat itu. Berbeda dengan group sekarang pesertanya sudah sangat semangat menulis resumenya. Mulai pertemuan ke-6 beliau mulai berpikir bagaimana caranya membuat resume yang menarik tidak hanya copy paste hasil olah kata sendiri. Nah ketika menulis dengan hasil olah kata sendiri, justru diluar dugaan, awalnya tulisan beliau tidak pernah di share oleh Om Jay dan ketika beliau olah sendiri berkata  : "akhirnya Om Jay sendiri yang ngeshare tulisan saya", dulu senang banget kalau resume kia di share sama Guru Blogger Indonesia
Sejak saat situ semangat menulis beliau semakin menggebu  hingga selesai 30 kali pertemuan mulai diajak menjadi Kurator oleh bu Kanjeng. Hingga saat ini telah berhasil menerbitkan 4 buku solo, 1 buku duet bersama Prof Ekoji yang diterbitkan di penerbit Andi dan 10 buku antologi dimana 5 antologi yang menjadi kurator serta editor lapis pertama dan 3 editor buku fiksi berupa cerpen dan novel karya peserta Belajar Menulis juga. Dan insyaallah Buku Antologi Bunga Rampai Pembelajaran Tatap Muka Terbatas yang diundang khusus oleh Kemendikbudristek melalui Dirjen GTK Dikdas, 23 peserta dari Guru dan Kepala Sekolah Inspiratif tahun 2021 akan segera release.
Berikut ini karya-karya beliau
Sekarang kita masuk ke tema ya Blog dan Youtube Menjadikanku Guru Inspiratif Terbaik Tingkat Nasional.
Bpk/ibu beliau dulu bukan lah seorang blogger juga bukan seorang youtuber. Akan tetapi keadaan yang memaksa pembelajaran harus dilaksanakan dari rumah masing-masing dari situlah saya mulai menulis materi ke dalam blog dan membuat tutorial pembelajaran ke dalam youtube.
https://catatangurumilenial.wordpress.com/blog-2/
http://www.ritapinang.my.id/
https://www.kompasiana.com/ritapinang/61d2c29416671757672adfc3/knowledge-management-mengintegrasikan-digital-tools-dalam-rencana-pembelajaran 
ini ketiga blog saya silahkan beselancar terlbeih dahulu
https://bit.ly/Cikgu-Rita
Ini chanel YouTube beliau https://www.youtube.com/watch?v=jDGXMuffGZE
https://www.youtube.com/watch?v=sBVTP7nP_zA
https://www.youtube.com/watch?v=AbWLx70xN08
baik sambil berselancar
kita lanjut ya
Tujuan pada saat menulis materi di blog dan membuat video pembelajaran di youtube sebagai salah satu cara mengajar kepada siswa. Akan tetapi seiring berjalan waktu juga menjadi aktif menulis baik itu cerpen, resume menulis, artikel, PPPK dll.
Tanpa disadari tulisan yang saya posting sudah ratusan, begitu juga video di youtube saya sehingga saya mulai Pede untuk mengikuti lomba-lomba. Berawal dari lomba blog di PGRI pada tahun 2020 saat itu saya benar-benar merasa anak baru dalam perlombaan tersebut. Alhamdulillah berhasil mendapatkan peringkat 8 Nasional.
Berawal dari situ akhirnya mulai sering mengikuti even lomba blog. Tentu saja banyak kalahnya dari pada menangnya  Akan tetapi selama kita berusaha dan tidak mudah putus asa akhirnya sampai juga pada prestasi Juara 1 lomba blog PGRI Tingkat Nasional. Dari situ sudah mulai muncul keyakinan Usaha tidak akan mengkhianati hasil
Luar biasa semangat narsum kita ini.
Bapak/ibu menjadi blogger dan youtuber bagi guru sangat bermanfaat sebagai ilmu jariyah/ amalan yang tidak terputus selama ilmu itu masih dipakai.
 , Sedangkan untuk Menjadi Guru Inspiratif Nasional bahkan menjadi salah satu yang terbaik diluar dugaan beliau.
awal mendapat info beliau malah meyakinkan diri tidak ikut karena tidak ada Best Practise saya dalam mengatasi learning loss yang menarik saat itu saya beranggapan Blog dan youtube sudah banyak guru yang menggunakan, bahkan sampai menjelang akhir pendaftaran beliau masih memastikan tidak ikut
Beliau mengucapkan terimakasih kepada Bu Aam yang menyemangati beliau untuk ikut, di hari terakhir pendaftaran take video, edit menyelsaikan artikel populer ilmiah dan mempersiapkan segala administrasi
https://www.youtube.com/watch?v=jDGXMuffGZE
Ini hasilnya
http://www.ritapinang.my.id/2021/11/tutorial-youtube-dan-literasi-blog.html
Bpk/ibu jika ingin melihat presentasi beliau pada saat final bisa lihat melalui tautan ini,  saat beliau ragu beliau lupa jika beliau menulis dan menerbitkan buku
karena setiap even dari Kemendikbud saat ini mengaitkan dengan literasi dan numerasi dan pada saat presentasi buku-buku yang telah beliau tulis sangat membantu beliau menjadi salah satu guru inspiratif terbaik jenjang SMP jadi jika Bpk/ibu serius menulis beliau hanya ingin mengatakan tunggu saja kejutan yang akan hadir. Semoga tidak lama lagi ya, Bapak/Ibu. Baik mungkin itu dulu sharing pengalamannya kita masuk ke diskusi saja
Wah, ternyata rahasia prestasi Ibu Rita Wati adalah mengikuti kelas Belajar Menulis seperti kita ini Masya Allah.
Demikianlah materi inti dari narasumber kita malam ini yang sangat memacu kita untuk berprestasi mengikuti jejak beliau. Sekarang kita memasuki sesi tanya jawab. Seperti biasa, penanya mengirimkan pertanyaan dengan format nama, alamat 
Bu Aam memberikan tanggapan :"Keren sekali Bunda Rita. Saya selalu terpesona dengan prestasinya. LUAARRRR BIASAAAA". Bu Rita juga terpesona dengan prestasi Bu Aam

3. TANYA JAWAB
Kita mulai sesi tanya jawab dengan kode P untuk Pertanyaan. Mohon Bu Rita Wati beri kode “N” untuk Next pertanyaan berikutnya dapat dilanjutkan. Terima kasih.

P1
Bismillah
Izin bertanya Bu, Rismaya dari Pangkalpinang.
Menurut ibu, bagaimana kriteria blog dan youtube yg inspiratif?
N
Baik Terimakasih Bu kriteria blog dan youtube inspiratif itu tidak ada kriterianya ya. Hanya saja kemarin ketika even Guru inspiratif saya menggunakan blog dan youtube mengatasi learning loss dan dari tulisan dan video yang saya share saya jadikan buku.
jadi menurut saya blog dan youtube yang baik adalah selallu update konten

P 2
Assalamualaikum 
Saya Bu Siti Rohani 
SMP Negeri I Kalirejo Lampung Tengah 
Dari pelatihan hari ke 2 terkendala sinyal
Pelatihan hari ke 2 mati lampu
Dan hari ini lebih buruk sinyalnya karena hujan, Boleh kah kalau saya tonton besok siang
Pertanyaan 
1. Langkah-langkah Bu Rita menjadi guru berprestasi
2. Relevansi menulis dengan guru berprestasi 
Dalam penilaian lomba guru berprestasi 
3. Tulisan/jenis Tulisan yang bagaimana yang masuk dalam lomba berprestasi 
4. Selain tulisan apa yang dinilai dalam lomba
Terimakasih
N
Walaikumussalam wr.wb. Bu Siti Rohani pertanyaan yang sangat menarik
1. Langkah menjadi guru berprestasi. Awal saya tidak pernah berpikir untuk menjadi guru berprestasi. Saya hanya ingin berbagi lewat tulisan di blog dan video di youtube. Seiring berjalan waktu tulsian dan video saya sudah banyak. Sehingga ketiak ada even lomba saya bisa memanfaatkan blog dan youtube saya. Dan terbukti berhasil menjadi juara.
2. Relevansi menulis dengan guru berprestasi . ketika kita ingin berpartisipasi untuk mengikuti even gupres maka syaratnya adalah menulis Best Practise dalam bentuk artikel popular ilmiah tergantung permintaan juri. Jika kita tidak memiliki modal menulis maka akan kesulitan untuk menuangkan ide kita. Dan saat ini Kemendikbud sedang menggeliatkan Literasi dan Numerasi ketika kita aktif menulis tentu saja akan memiliki point plus.
3. Tergantung juknis kemarin Best Practise dalam bentuk artikel popular ilmiah
4. Tulisan artikel dan video kegaitan Best practice

P 3
Assalamualikum wr, wb. Selamat malam, Ibu Wati. Terima kasih sudah berbagi dengan kami. Luar biasa prestasinya. Ijin bertanya.
Maria_Jakarta_Pertanyaan
1. Apa saja strategi untuk men-judge diri sendiri supaya ide yang mandek kembali mengalir dalam tulisan dan memiliki rasa percaya diri
2. Apakah pada saat coba-coba tulisan ibu selesai dan apa genrenya?
3. Bagaimana caramembuat resume yang menarik tidak hanya copy?
4. Metode yang mudah dalam mensosialisasikan “Lost learning” , menjadi ulasan yang keren
Terima kasih, Ibu Wati. Saya akan mencoba belajar dari konten, Ibu secara khusus ulasan malam ni. Narasumber di grup ini “Dahsyat”
N
Walaikumussalam wr.wb. Bu Maria
1. Selalu berada di dalam Komunitas Menulis jika ingin Pede karena semua tulisan kita akan di apresiasi dan Blog Walking, baca alam, baca buku dll jika ide mandek.
2. Saat coba-coba saya hanya menulis cerpen dan selesai tapi tidak dipublikasikan. Tapi saat ini semua tulisan saya saya publikasikan di blog
3. Gunakan opening dan closing yang menarik yang dikembangkan dengan Bahasa sendiri 
4. Terimakasih

P 4
Assalamualaikum Bu Rita, Perkenalkan, nama saya Afiatur Rizkiyah, dari SDN Pandian V Sumenep. Saya ingin bertanya, bagaimana cara meningkatkan rasa percaya diri dan merasa kita mampu melakukan hal yang awalnya kita anggap tidak bisa kita lakukan? Terima kasih. Salam literasi
N
Walaikumussalam Pak Afiatur. Seperti yang saya jawab Pak tetap berada di dalam Komunitas Menulis karena tulisan kita akan di apresiasikan dari situ lama-kelaamaan akan tumbuh rasa percaya diri.

P 5
Perkenalkan saya Rina Harwati dari MTsN 6 Bantul DIY
1. Saya membaca sudah banyak playlist pada channel youtube Ibu. Dari sekian banyaknya konten yang dibuat, menurut Ibu aplikasi apa yang termudah tapi tampilannya menarik untuk digunakan?
Saya sebenarnya menyukai video, tetapi yg tdk menjadikan sy tidak telaten adalah ketika mengolahnya shg layak diyoutubekan.
2. Saya baca pada paparan tadi, Ibu sudah menghasilkan novel pada awal penulisan buku solo. Mohon dapat diceritakan ide dan prosesnya secara garis besar. 
Terima kasih.
Salam kenal Bu Rina Harwati dari MTsN 6 Bantul DIY
1. Aplikasi mudah dan tampilan menarik tergantung selera ya Bu, saya Cuma menggunakan Bandicam sebagai record di laptop dan untuk ngedit di filmmora. Jika ingin buat lebih menarik saya menggunakan canva.
2. Saat awal saya hanya mencoba membuat novel tapi saya tidak pede saat itu sehingga tidak pernah di terbitkan. Ide saya juga buntu akhirnya ide di novel itu saya penggal-penggal menajdi beberapa cerpen salah satunya ada didalam buku saya Tiara dan Merajut Asa Sejak Belia
N http://www.ritapinang.my.id/2021/03/tiara.html
N http://www.ritapinang.my.id/2020/10/merajut-asa-sejak-belia.html

P 6
Excellent bu Rita 
Suka sekali dengan cerita ibu tentang perjalanan menjadi seorang penulis, blogger dan youtuber. Membaca di blog tentunya tidak sama dengan saat membaca buku, berkaitan dengan kesehatan mata 
Menurut ibu sebaiknya berapa kata yang harus kita tulis di blog agar tidak terlalu membosankan untuk dibaca, dan bagaimana agar tulisan yang ada diblog diminati orang lain untuk dibaca
Terima kasih
N
Zunnurin Isnaini, Pasuruan
[21/1 20.30] +62 852-1958-5451: http://www.ritapinang.my.id/2021/02/hadiah-untuk-tiara.html
Terimakasih Bu Isnaini cb ibu baca cerpen saya di atas
sebaiknya menulis di blog itu 4-6 kalimat
harus paragrap baru, bahkan saya terkadang 3 kalimat sudah paragraf baru menyesuaikan saja bu

P 7
Assalamualaikum Bu, Saya Ibu Chandra Arnida dari Pangkalpinang.
Bagaimana mengatasi kendala waktu untuk menulis disela sela kesibukan mengajar dan dengan tugas tambahan lainnya dan bagaimana cara memupuk rasa keinginan untuk menulis tersebut? 
Terima kasih 
N
 Walaikumussalam wr.wb Ibu Chandra
1. Pertanyaan kendala waktui hanya bisa dijawab oleh ibu sendiri. Karena kita lah yang tahu kapan waktu terbaik dan siap untuk menulis. Saya Guru Informatika mengajar 12 kelas, Kepala Labkom, Operator Dapodik, Narsum Nasional, Moderator dan mengisi konten. Pointnya managemen waktu dan dukungan keluarga.
2. Memupuk rasa keinginan ibu sudah ikut kelas BM sudah hari ketiga ya ibu lihat teman-teman mengumpul resume bagaimana perasaan ibu. Apakah ada keinginan untuk menulis? Jika ada maka tulis…tulis..dan tulis

P 8
Bismillah
Bu Rita, saya Nurlina dari Tarakan Kalimantan Utara izin bertanya
1.saat awal menulis apakah langsung menulis apa yang ada dipikiran hari itu atau saat itu
2. Untuk tulisan yg sudah pernah dibuat dan akan dijadikan buku solo apakah ada kriterianya, maksudnya ini buku fiksi n non fiksi.
3. Untuk blog saya sejak 2006/2007 sdh punya namun tidak aktif memposting mudahan Tahun ini langkah awal melanjutkan kembali, namun sering sudah diposting setelahnya dihapus karena merasa kurang bagus n tidak PD
Terimakasih
N
Salam kenal Bu Nurlina
1. Iya bu pada saat mengikuti BM, apa yang ada dipikiran langsung saya eksekusi maklum masih menggebu-gebu. Tapi sekarang ini cenderung menulis ide dan gagasannya dulu serta gambar pendukung di foto jika melihat sutu kejadian atau lainnya. Kemudian dieksekusi ketika ada waktu.
2. Jika ibu memiliki tulisan telah banyak tinggal ibu pilah-pilah saja sesuai tema kemudian dikumpulkan menjadi buku.
3. Sepertinya pengalaman kita tidak jauh beda bu. Mulai saat ini selesaikan tulisannya yak arena tidak ada tulisan yang jelek. Tulisan yang baik adalah tulisan yang selesai.
 http://www.ritapinang.my.id/2020/04/my-blog-sudah-bersih-dari-sarang-laba.html
ini buat dibaca-baca bu pengalaman kita sama mengenal  blog tahun segitu :)

P 9
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh. 
Widuri Permata dari Lombok Barat. 
1. Bagaimana supaya tampilan blog kita meskipun sederhana tapi menarik. 
2. Tadi bu Rita menyampaikan bahwa setelah resume diolah dengan kata-kata sendiri, resume ibu di share oleh Omjay. 
Resume yg baik itu bagaimana?
N
Walaikumussalam wr.wb
Terimakasih Bu Widuri https://www.youtube.com/watch?v=XaqpkqtRtic
itu bu jawaban no 1 http://www.ritapinang.my.id/2021/07/review-blog-walking-hasil-kelas-belajar.html
Ini jawaban no 2
P 10
Assalamu'alaikum wrwb
Bagaimana menjadi guru yang canggih IT, inovasi dan menginspirasi?
N
Walaikumussalam wr.wb. ajdilah guru long life learner
Belajar sepanjang hayat

P 11
Bismillah
Saya Menik Dwi Astuti, Palangka Raya Kalteng Aplikasi apa sebaiknya digunakan untuk membuat video pembelajaran yg menyenangkn dgn keterbatasan kemampuan IT yg dimiliki guru, karena pengalaman bbrapa video pembelajaran yg saya buat dan diyoutubkan masih begitu2 saja tidak menarik. Dan trik agar anak2 siswa tertarik dgn blog sebagai media pembelajaran... Terimakasih ibu Rita, ibu guru muda yg penuh kesederhanaan dan berprestasi.
Salam kenal Bu Menik aplikasi untuk membuat video pembelajaran untuk guru saya kembalikan lagi kepada ibu ada yang menggunakan kinemaster, videoshow, filmmora dlll ibu bisa search di youtube dan mempelajarinya. 
Memang ini menjadi PR besar bu ya terlebih PJJ agar siswa tertarik dengan video dan blog yang ada dimateri kita. Kalau saya membuat materi dalam 2 versi blog dan youtube tapi video saya embed juga kedalam youtube.
http://www.ritapinang.my.id/2020/04/hardware.html
mohon maaf video saya embed ke dalam blog

P 11
Bismillah
Saya Menik Dwi Astuti, Palangka Raya Kalteng Aplikasi apa sebaiknya digunakan untuk membuat video pembelajaran yg menyenangkn dgn keterbatasan kemampuan IT yg dimiliki guru, karena pengalaman bbrapa video pembelajaran yg saya buat dan diyoutubkan masih begitu2 saja tidak menarik. Dan trik agar anak2 siswa tertarik dgn blog sebagai media pembelajaran... Terimakasih ibu Rita, ibu guru muda yg penuh kesederhanaan dan berprestasi.
no 11 sudah bun
2 lagi ya bun untuk penanya berikutnya saya akan share besok jawabannya ya
bagaimana karena sudah waktu

P 12
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Iziin bertanya Bu Rita. Satrianah dari curup Bengkulu. Saya guru SD di daerah 3t yang sangat gaptek (gagap teknologi) saya kenal medsos baru tahun 2019 itupun hanya sebatas pacebook dan wa. Saya belum pernah menulis di blog. Saya malu dan takut salah. Bagaimana cara menumbuhkan rasa percaya diri untuk menjadi seorang penulis.
N
Walaikumussalam wr.wb Bu Strianah alhamdulillah ibu sudah bergabung dalam group BM itu sudah sangat Luar Biasa Pelan-pelan bu belajarnya yang harus ibu lakukan menulis-menulis jika tidak bisa di blog tulis saja di dalam laptop Insyaallah akan banyak teman yang akan membantu ibu untuk mempelajari blog. Menumbuhkan rasa percaya diri coba ibu tulis pengalaman ibu ynag menagjar di daerah 3T. yakinlah tulisan ibu akan mendapatkan apresiasi yang sangat luar biasa.
P 13
Selamat malam, Bu Wati. Saya Robertus Priyo dari SMKN 2 Pangkalpinang ingin bertanya: 
1. Apa manfaat yang Ibu rasakan sebagai seorang YouTuber? 
2. Apa saja kendala yang mungkin akan dihadapi oleh seseorang untuk menjadi YouTuber? 
Terima kasih.
N
Selamat malam Bp Robertus wah temannya Bu Ros ya
1. Manfaat yang saya rasakan ada kepuasan batin ketika ada komentar dari netizen yang mengucapkan ribuan terimakasih dan mendoakan saya ketika melihat youtube saya beliau solusi terselesaikan. 
2. Kendalanya ide, waktu dan mengedit konten.solusi beliau

P 14
Assalamu Alaikum.
Perkenalkan saya akhmad Syafii, dari kabupaten probolinggo, SMK Negeri 1 Kraksaan.
Bagaimna trik menjadi blogger sekaligus menjadi youtuber.?
Bagaimna dengan mengatur waktu, kapan menulis dan kpan harus membuat video, apakah nnti konsentarasi kita menjadi terbelah antara menulis dan buat video.?
Trimakasih.
N
Walaikumussalam Pak Akhmad Trik menjadi blogger dan youtuber tidak ada trik khusus semua berawal hanya ingin berbagi terkhusus materi. kebetulan saya menjadi Operator Dapodik dan Guru Informatika selalu ada hubungan ketikan saya menulis di blog dan membuat video. Misal saya menjelaskan tentang Hardware maka video yang saya buat tentang hardware dan tulisan yang saya baut di blog juga tentang hardware
kadang juga tidak ada hubungannya, Di blog saya menulis tentnag artikel bebas dan di youtube saya membuat konten tentang Dapodik. tergantung ide yang muncul saja

P 15
Parni, Wonosari, Gunungkidul
P. Apa hambatan terbesar Ibu untuk mewujudkan cita- cita / berprestasi, bagaimana menentukan solusi/ mengatasinya?
Bu Rita mengatakan bahwa baik 1 lagi pertanyaan karena sudah lewat waktunya sedangkan pertanyaan yang belum terjawab insyaallah akan menyusul 
N
Terimakasih Pak/Bu Parni mohon maaf. Hambatan terbesar mewujudkan cita-cita/ prestasi yaitu munculnya rasa tidak percaya diri, pesimis, mudah putus asa. Jika itu diganti dengan semangat, optimis dan selalu berusaha maka cita-cita akan terwujud
Mohon maaf, Bapak/Ibu, karena keterbatasan waktu, untuk soal yang berikutnya (nomor 16 – 29) saya langsung teruskan ke Ibu Rita. Beliau akan menjawabnya besok di blog beliau.  
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.
Terima kasih atas materi dan jawaban atas pertanyaannya, Ibu. Mohon kesediaan Ibu untuk memberikan langsung _closing statement_.
Bapak/ibu apapun kata-kata negatif seperti pesimis, minder,mudah putus asa, tidak ada waktu dll yang ada di dalam pikiran Bpk/ibu. Silakan diganti dengan kata-kata positif.
Banyak kejutan jika kita menulis, seperti apa yang saya rasakan saat ini, Teruslah menulis dan wujudkan cita-cita Bpk/ibu, tuangkan ide dalam tulisan dan biarkan Tulisan Bpk/ibu menemukan takdirnya sendiri
Demikian dari saya seperti biasa saya tutup dengan quote motuvasi dari Ibu kita Kartini
Nothing is imposible in this world what we look upon today tomorrow maybe acomplsihed Fact
Tidak ada yang mustahil di dunia ini, jika hari ini terlihat mustahil besok bisa jadi kenyataan
demikian dari Nara sumber, mohon maaf atas kesalahan dan kehilafan selama 2 jam 20 menit ini. Untuk pertanyaan yang belum dijawab insyaallah akan dijawab melalui blog beliau. Wabillahi Taufik Wal Hidayah Wassalamualaikum wr.wb
Kelas saya kembalikan kepa Bu Ros
Ucapan Terima kasih kepada Ibu Rita Wati atas paparan materi yang sangat memacu semangat kami untuk berprestasi.

4. PENUTUP
Demikianlah pertemuan kita pada malam hari ini. Mohon maaf jika terdapat banyak kekurangan dan ada hal-hal yang kurang berkenan dalam memandu Bapak/Ibu, dan kepada Allah saya mohon ampun.
Akhir kata, Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
Moderator mohon undur diri. Selamat beristirahat. Grup akan dibuka kembali.
Waalaikumsalam wr wb. Terima kasih bunda Rita Wati, S.Kom untuk materi hari ini,sangat mengispirasi🙏trima kasih juga untuk bunda Rosminiyati

Tambahan materi :
https://youtu.be/iGlVrcRUdn0.
Berikut ini cara memasukkan gambar, YouTube dan link hidup di blog agar menarik

Nunung Fika Herawati Efendi, 21 Januari 2022

2 komentar:

Ovi Ciomas mengatakan...

Maa sya Allah paket lengkap koplit, sungguh telaten .

Semoga Sudi kiranya singgah ke blok saya

Ovi Ciomas mengatakan...

https://arofiahafifi.blogspot.com/2022/01/pada-malam-pertemuan-ke-3-kelas.html

Berkunjung ke rumah Bu Fasilitator dan Pak Pendamping Praktik

Hari ini Senin tanggal 15 April 2024 Saya bersama teman-teman berkunjung ke rumah Bu Fasilitator ibu Sudarsi, S.Pd., M.Pd dan pak PP Bapak H...