Selasa, 07 Februari 2023

Februari Ceria ke-7 tanggal 07/02/2023

Februari Ceria ke-7
Tantangan ke-7 menulis Februari Ceria 2023 
Tanggal 7 Februari 2023
Tema Pendidikan. 

PENYUSUNAN ATP & TP
Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A – Merumuskan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Tujuan Pembelajaran (TP)

Nunung Fika Herawati Efendi, S.Pd

Yang di libatkan dalam penyusunan ATP & TP :
1. Guru
2. Kepala Sekolah
3. Komite Sekolah

Tujuan pembelajaran disusun dengan memperhatikan eviden atau bukti yang dapat diamati dan diukur pada murid, sehingga murid dapat dinyatakan mencapai suatu tujuan pembelajaran.

Apa hal baru yang Anda dapatkan saat membaca Capaian Pembelajaran untuk mata pelajaran yang Anda ampu?
Sesuatu yang di dapatkan saat membaca capaian pembelajaran untuk mata pelajaran dengan tingkat pencapaian siswa yaitu Menumbuhkan sebuah hubungan yang dinilai positif dan juga konsisten dengan anak-anak yang lain dan orang di sekitarnya.
Menciptakan lingkungan yang telah penuh dengan perhatian, terbuka, saling peduli, dan tentunya nyaman untuk pembelajaran. Menciptakan kebiasaan untuk dapat saling menghargai pada ruang kelas sehingga anak-anak juga dapat belajar untuk saling memahami dan juga menghormati perbedaan yang  ada serta dapat mampu untuk menghargai kelebihan yang dimiliki oleh orang lain.kalau ada kekurangan bisa memaklumi kekurangan orang lain.

Sebelumnya, bagaimana cara Anda merumuskan Tujuan Pembelajaran? Apakah cara tersebut masih dapat digunakan?
Sebelumnya cara saya merumuskan pembelajaran dengan di jabarkan dari kompetensi dasar dan standar kompetensi, sekarang dari capaian kompetensi atau capaian pembelajaran

Apa pemahaman baru yang Anda dapatkan mengenai alur tujuan pembelajaran?
Pemahaman baru untuk saya tentang Alur Tujuan Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka (ATP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang sudah disusun secara sistematis dan logis dalam fase capaian pembelajaran secara utuh dari fase awal hingga akhir. Alur tujuan pembelajaran ini memang disusun secara linear sesuai urutan-urutan kegiatan pembelajaran dengan tujuan mengukur capaian pembelajaran

Ketika sekolah dahulu, adakah pelajaran yang mau tidak mau diikuti, padahal tidak paham hingga saat ini, mengapa kita belajar hal tersebut? Ceritakan yuk!
Dahulu sewaktu sekolah, ada pelajaran yang mau tidak mau harus diikuti padahal tidak paham sampai saat ini , tidak paham terhadap pelajaran suatu hal wajar. Biasanya karena hal-hal yang dianggap baru, perbedaan konsep yang diberikan,cara menjelaskan yang kurang jelas, sehingga sedikit sulit untuk menganalisisnya, apalagi jika dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Namun, setelah bereksplorasi maka akan mudah mengikutinya, akan menjadi lebih mudah dicerna dan dikembangkan.
Saat menjadi murid dahulu, bagaimana perasaan Ibu dan Bapak Guru saat mengerjakan ujian/ulangan?
Saat menjadi murid ketika mengerjakan ujian maka ada rasa gerogi tidak ada rasa percaya diri sudah tentu, takut dapat nilai kecil ya jelas pasti.apalagi kalau pada mata pelajaran yang tidak memahami, akan tetapi Meskipun demikian, dapat membagi waktu bermain dan belajar dengan baik. Dan merasa percaya diri kalau bisa mengerjakan
Menurut Ibu dan Bapak guru, pembelajaran yang membosankan itu yang seperti apa?
Pelajaran yang membosankan itu Pembelajaran berbasis CBSA, Catat Buku Sampai Habis saat itu saya masih SD terkadang sampai ngantuk kalau disuruh mencatat, dijelaskan juga mengantuk.

Tidak ada komentar:

Berkunjung ke rumah Bu Fasilitator dan Pak Pendamping Praktik

Hari ini Senin tanggal 15 April 2024 Saya bersama teman-teman berkunjung ke rumah Bu Fasilitator ibu Sudarsi, S.Pd., M.Pd dan pak PP Bapak H...