Selasa, 07 Februari 2023

Februari Ceria ke-6 tanggal 06/02/2023

Februari Ceria ke-6
Tantangan ke-6 menulis Februari Ceria 2023 
Tanggal 6 Februari 2023
Tema Pendidikan. 

PERATURAN KESEPAKATAN KELAS

Kurikulum Merdeka – Membuat strategi penerapan kurikulum merdeka di kelas 

Oleh : Nunung Fika Herawati Efendi, S.Pd

Menjadikan para guru menjadi tenaga profesional dalam ranah meningkatkan sebuah inovasi dalam pembelajaran.
Hal baru yang di pelajari bertujuan memfasilitasi satuan pendidikan mengenali kesiapannya sebagai dasar menentukan pilihan Implementasi Kurikulum Merdeka serta memberikan umpan balik berkala. 
Saya memilih pemahaman bahwa “ mendidik bukan berarti menjajah anak didik tetapi memberikan keteladanan kepada murid agar mereka bisa mencontoh dan meneladani hal – hal yang baik , mampu menjalankan kehidupan dan melakukan kegiatan positif tanpa membatasi kebebasan mereka untuk belajar, berekspresi pada diri mereka sendiri sesuai dengan batasan – batasan yang diberikan” seperti kata Ki Hadjar Dewantara, seorang pendidik diharapkan mampu mendidik peserta didik dengan memegang semboyan dari Ki Hadjar Dewantara yakni, ing ngarsa sung tuladha ,walaupun kendalanya butuh semangat dan kesabaran bagi guru dalam penerapannya. Tentunya guru harus belajar dan belajar mencoba menciptakan pembelajaran yang efektif.
Banyak pengalaman dan pengetahuan yang didapat oleh guru untuk selalu mencoba dan menerapan pembelajaran yang menyenangkan bagi murid, dengan penuh semangat berkolaboratif dengan rekan guru dan murid , meskipun tidak mudah dan butuh kesabaran , dan hasil penuh aspirasi bagi saya.

Tidak ada komentar:

Berkunjung ke rumah Bu Fasilitator dan Pak Pendamping Praktik

Hari ini Senin tanggal 15 April 2024 Saya bersama teman-teman berkunjung ke rumah Bu Fasilitator ibu Sudarsi, S.Pd., M.Pd dan pak PP Bapak H...