Rabu, 01 Februari 2023

Februari Cerita ke1 tanggal 01/02/2023

Februari Ceria ke-1
Tantangan ke-1 menulis Februari Ceria 2023 
Tema Pendidikan. 


             Perjuangan dan Pengabdian
        Oleh : Nunung Fika Herawati Efendi

Setiap orang memiliki kisahnya sendiri, seperti hari ini ada perbedaan di lingkungan kerja kami, ada seorang guru yang hari ini telah mengabdi selama 30 tahun 10 bulan mengajar, mendidik dan dan memberikan banyak hal ilmu serta pengetahuan kepada kami. Bagi guru yang lain beliau adalah senior yang tahu akan banyak hal. Hari ini pertanggal 1 Februari 2023 sudah purna memasuki masa pensiun.
Hari ini tangis anak-anak, guru dan staff pecah sedih juga bahagia , sedih karena beliau mulai besuk sudah tidak hadir ditengah-tengah kami lagi, bahagia karena beliau mulai memasuki masa pensiun tetap sehat dan tanpa berkurang semangatnya dalam hal kinerja. Totalitas dalam bekerja, pengabdian, perlu menjadi contoh bagi kami yang masih muda dan butuh banyak pengalaman. 

Anak-anak memberikan puisi yang begitu indah diiringi lagu hymne guru, dan terimakasihku. Hal yang luar biasa yang kami rasakan , ketulusan jiwa anak-anak yang murni, penuh dengan kepolosan, membuat suasana menjadi lebih berkesan.

Kami setiap hari bersama seperti sebuah keluarga selama 17 tahun. Banyak sekali kenangan yang kami bisa ukir bersama, menjaga anak-anak sebagai penerus bangsa , memberikan materi, mendidik mereka. Saya pun bisa ingat ketika saya menjadi seorang murid ketika mau guru mau mutasi seperti benar-benar kehilangan seorang ibu, karena ketulusan beliau yang begitu baik. 

Meskipun sekarang dunia teknologi sudah semakin canggih tapi jiwa-jiwa pengabdian seorang guru yang seperti ini tidak akan digantikan oleh mesin atau robot canggih karena manusia memiliki rasa anugrah dari Alloh. Program adalah buatan manusia tapi membentuk karakter itu melalui pembiasaan yang dilakukan dengan hati sesuai dengan aturan.

Banyak hal kami lakukan bersama, piket setiap pagi untuk membentuk karakter sisa dengan menyalami anak-anak didepan pintu gerbang masuk sekolah, mengajak anak-anak berdoa sesaat setelah bel masuk berbunyi. 

Banyak sekali hal dilewati bersama, mempersiapkan kegiatan Pramuka siaga, lomba-lomba siswa bahkan lomba guru kami lakukan saling mendukung satu sama lain. 

Selalu ada sebuah asa ingin menjadikan anak didik semua berhasil memperoleh cita-citanya. Kabar bahagia ketika mendengar alumni dari Sekolah kami hari ini juga dilantik menjadi Sekretaris Daerah Kabupaten. Banyak murid lulusan dari sekolah kami berhasil menjadi pengusaha, pengajar juga profesi yang lain.

Perjuangan dan Pengabdian belum berakhir saatnya yang kemarin kita sebagai junior muda usia tapi tetap harus bisa bersikap senior seperti kata Bapak Ki Hadjar Dewantara yang memiliki semboyan:
" Ing ngarso Sung Tulodho"
" Ing Madyo Mangun Karso"
" Tut Wuri Handayani"

Mari kita sebagai guru bisa menjadi suri tauladan yang baik untuk anak didik dan orang disekitar kita. 




Tidak ada komentar:

Berkunjung ke rumah Bu Fasilitator dan Pak Pendamping Praktik

Hari ini Senin tanggal 15 April 2024 Saya bersama teman-teman berkunjung ke rumah Bu Fasilitator ibu Sudarsi, S.Pd., M.Pd dan pak PP Bapak H...