Jumat, 03 Februari 2023

Februari Ceria ke-3 tanggal 03/02/2023

Februari Ceria ke-3
Tantangan ke-3 menulis Februari Ceria 2023 
Tanggal 3 Februari 2023
Tema Pendidikan. 

Semua anak itu istimewa 

Oleh : Nunung Fika Herawati Efendi, S.Pd

Rutinitas hari ini seperti biasa berangkat ke tempat kerja dengan mengisi aku hadir secara online Alhamdulillah bisa sampe ke sekolah 06.30 belum ada.
Hari ini Jumat jadi anak-anak mengadakan senam Pancasila, senam pinguin dan senam maumere dilanjutkan dengan doa pagi bersama, kegiatan hari ini ada jadwal seni rupa anak-anak dari rumah sudah menyiapkan gunting ,lem , penggaris, spidol, dan saya sebagai guru memfasilitasi kertas yang saya beri sketsa, karena hari Jumat ini kami mau menghias kelas.
anak memulai menggunting, kemudian ditempel ke tepi papan tulis
Ceria anak-anak yang polos membuat saya bersemangat untuk membuat mereka semakin rajin dalam belajar. 

Terkadang ada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus, meskipun begitu mereka tetaplah istimewa.

Sebagai orang tua harus mau menerima kondisi anak apa adanya agar anak merasa dicintai dan tidak muncul permasalahan psikologis dalam diri orangtua, tidak berlarut-larut merasa terpuruk dengan kondisi anak, kenali keunggulan anak yang dapat dimaksimalkan serta mengenali dan melatih kekurangan anak agar menjadi lebih baik, meskipun terkadang berat tidak normal seperti anak yang pada umumnya, 
Tetap berpikir positif dalam setiap kondisi karena tentu akan ada hikmah disetiap kejadian.
Turut aktif terlibat dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak dan dampingilah anak selalu.
Memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan anak dan tugas yang bisa anak lakukan agar timbul kemandirian dalam diri anak. Mengajak keluarga dan lingkungan untuk turut membantu orang tua dalam mengoptimalkan perkembangan anak. Khawatirlah secukupnya dan bebaskan anak dalam mengeksplorasi diri serta lingkungannya dengan tetap berada dalam pengawasan orang tua Menjadi orang tua dari anak berkebutuhan khusus tidaklah mudah, mereka lebih rentan mengalami masalah psikologis bisa depresi, keputusasaan, dan kekhawatiran. Seperti kasus di mana masih banyak orang tua yang tidak menerima kenyataan bahwa anaknya berkebutuhan khusus, menyembunyikan anaknya di rumah,atau anak disuruh keluar juga tidak mau, bahkan terkadang sampai tidak mengakui bahwa anak tersebut adalah darah dagingnya menunjukkan bahwa orang tua belum dapat menyesuaikan dirinya, Bapak dan ibu mari kita mulai sekarang selalu memberikan perhatian agar kesehatan Ananda menjadi lebih stabil dan Optimal.
Semua anak itu harus istimewa tidak harus pintar akademik saja tapi bisa jadi anak unggul dalam hal kesenian, ketrampilan, perhatian ke orang lain, seperti halnya rezeki tidak akan pernah tertukar, anak juga punya jalannya sendiri-sendiri kita sebagai orang tua mendukung mengarahkan apa yang menjadi keinginan dan cita-cita anak.

Selamat berproses bapak ibu. Kita adalah orang tua hebat untuk anak-anak. Mereka akan selalu istimewa dihati orang tua.
Yakinlah bahwa dengan keistimewaan setiap anak akan selalu membawa keberuntungannya sendiri-sendiri.
Salam literasi 

Tidak ada komentar:

Berkunjung ke rumah Bu Fasilitator dan Pak Pendamping Praktik

Hari ini Senin tanggal 15 April 2024 Saya bersama teman-teman berkunjung ke rumah Bu Fasilitator ibu Sudarsi, S.Pd., M.Pd dan pak PP Bapak H...