Jumat, 10 Februari 2023

Februari Ceria ke-10 tanggal 10/02/2023

Februari Ceria ke-10
Tantangan ke-10 menulis Februari Ceria 2023 
Tanggal 10 Februari 2023
Tema Pendidikan. 

Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Merdeka

Nunung Fika Herawati Efendi, S.Pd

SD Negeri 01 Doplang mulai tahun pelajaran 2022-2023 sudah melakukan kurikulum merdeka di kelas  1 dan kelas 4,
Perubahan dari kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka merupakan tantangan tersendiri, belum ketersediaan buku guru siswa, Capaian pembelajaran ditengah jalan yang berubah, modul ajar yang hampir seperti kembali ke KTSP menjadi per mapel tidak pertema. Saya sebagai guru juga mengikuti Diklat IKM (Implementasi kurikulum merdeka) Salah satu pendukung utama dalam pembangun yaitu adanya sumber daya manusia yang bermutu dan berkualitas. Sumber daya manusia bertumpu pada bidang Pendidikan, sehingga Pendidikan memiliki peranan yang teramat penting.

Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab seperti yang tertuang pada UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

SD/Madrasah Ibtidaiyah harus menyelenggarakan Pendidikan secara sistematis agar fungsi dan tujuan Pendidikan Nasional dapat tercapai. Salah satunya dengan membentuk karakter peserta didik hingga mampu menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab, sesuai dengan visi misi sekolah.

Pendidikan karakter juga diterapkan agar dapat mewariskan nilai-nilai luhur kearifan lokal agar dapat menjadi filter dalam membendung pengaruh negatif dari adanya globalisasi. Perkembangan teknologi semakin maju anak kecil sekarang sudah sangat smartphone dan sejenisnya, itu menjadi tantangan tersendiri agar kita sebagai pendidik berperan aktif untuk membawa anak tetap memiliki akhlak dan pribadi yang baik yang menjadi salah satu pendukung utama dalam pembangun yaitu adanya sumber daya manusia yang bermutu dan berkualitas. Sumber daya manusia bertumpu pada bidang Pendidikan, sehingga Pendidikan memiliki peranan yang teramat penting.

Pendidikan karakter juga diterapkan agar dapat mewariskan nilai-nilai luhur kearifan lokal agar dapat menjadi filter dalam membendung pengaruh negative dari adanya globalisasi. Seperti yang tertuang pada profil pelajar Pancasila pelajar Pancasila yang beriman dan bertakwa pada Tuhan Yang Esa dan berakhlak mulia,berkebhinakaan global gotong royong mandiri kreatif dan bernalar kritis, anak-anak diharapkan bisa membentengi dirinya dengan karakter yang baik.

Karakter dapat diartikan sebagai cara berfikir dan berperilaku, serta segala sesuatu yang berkaitan dengan kebiasaan individu seperti kejiwaan, akhlak dan budi pekerti yang cenderung bernilai positif.

Sehingga karakter sering pula disebut dengan kebiasaan yang tertanam pada diri seseorang. Sehingga penerapan pembelajaran berkarakter merupakan upaya untuk menanamkan nilai-nilai luhur kepada seluruh stakeholder di sekolah yang meliputi aspek pengetahuan, akhlak, budi pekerti secara sadar dan mampu untuk melaksanakan nilai nilai tersebut.

Kurikulum merdeka sendiri merupakan kurikulum yang memiliki tujuan untuk mengembangkan bakat dan minat peserta didik sejak dini, dalam kurikulum merdeka lebih difokuskan pada materi esensial dan pengembangan karakter serta kompetensi peserta didik. Sehingga peserta didik mendapatkan kebebasan untuk mendalami bakat dan minatnya sendiri.

Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan peserta didik. Dengan adanya kebijakan untuk mengimplementaskan kurikulum merdeka sangat memungkinkan untuk mengintegrasikan Pendidikan karakter yang sesuai dengan kepribadian bangsa. Sehingga pada akhirnya akan terbentuklah generasi yang cerdas, memiliki karakter dan berakhlak yang baik. Yang akhirnya generasi hebat akan lahir untuk meneruskan perjuangan para pahlawan yang sudah mendahului kita, tidak melupakan sejarah agar selalu bersyukur atas karunia Tuhan YME yang sudah diberikan kepada kita semua.Amin

Salam literasi. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Berkunjung ke rumah Bu Fasilitator dan Pak Pendamping Praktik

Hari ini Senin tanggal 15 April 2024 Saya bersama teman-teman berkunjung ke rumah Bu Fasilitator ibu Sudarsi, S.Pd., M.Pd dan pak PP Bapak H...