Minggu, 17 September 2023

bahas unsur intrinsik dan ekstrinsik cerita

Bahas Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Cerita
Setelah membaca, saya menggelar tanya-jawab tentang unsur intrinsik dan ekstrinsik cerita. Misalnya, nama tokoh, latar tempat, alur, dan pesan cerita. Saya bentuk kelompok, lalu tiap kelompok diberikan pertanyaan pemancing yang didasari nilai-nilai kehidupan dari cerita yang dibacakan. Lalu, saya ajak peserta didik berdiskusi dan menuliskan hal baik yang mereka pahami dari buku, seperti buku bertema berbakti kepada orang tua.


Bahas Pesan Moral
Terakhir, mengungkapkan pesan moral dari cerita yang telah dibacakan. Pesan moral itu dikaitkan dengan tema yang dibahas dalam mata pelajaran berikutnya. Ini merupakan bagian dari refleksi. Saya tanyakan pada peserta didik,

"Kamu, apa sudah melakukan nilai-nilai yang kamu dapat dari buku ini? Apa pendapat kamu tentang tokoh di buku itu?"
Refleksi Hasil dan Dampak
Peserta Didik Senang Membaca, Guru pun Semangat
Dampak bagi murid: Peserta didik selalu ingin dibacakan buku bacaan hibah sebelum pembelajaran. Mereka sangat senang dengan buku hibah karena banyak gambar dan berwarna. Usai kegiatan membaca nyaring, peserta didik tampak senang dan bersemangat mengikuti pembelajaran.

Dampak bagi guru: Saya bersemangat untuk membacakan nyaring karena tahu kegiatan ini membuat peserta didik bergairah dalam belajar.

Tips dari Saya
Pelajari Sumber Belajar Lain Tentang Membaca Nyaring
Agar lebih paham tentang membaca nyaring, guru dapat belajar dari sumber lain. Misalnya, guru bisa menyimak sejumlah video tentang teknik membaca nyaring di kanal Youtube. Ajak juga guru lain untuk nonton bareng sehingga bsa digelar diskusi usai menonton Youtube.

Bahas Perkembangan Murid
Jadwalkan diskusi rutin dengan rekan guru untuk membahas perkembangan murid dalam menjalani kegiatan membaca nyaring.

Koordinasi dengan Rekan Guru
Untuk membahas perkembangan membaca peserta didik, saya berkoordinasi dengan rekan guru. Dengan begitu, guru akan mudah mengetahui kesulitan apa saja yang dihadapi peserta didik. Pendampingan pun dapat dilakukan dengan mudah nantinya.

Penutup
Selamat mendorong peserta didik terus semangat membaca, ya Ibu dan Bapak Guru! Jika Bapak dan Ibu Guru ingin mempelajari lebih lanjut mengenai strategi membaca nyaring, silakan mempelajari modul berikut ya.

Modul Membaca Nyaring 

Tidak ada komentar:

Berkunjung ke rumah Bu Fasilitator dan Pak Pendamping Praktik

Hari ini Senin tanggal 15 April 2024 Saya bersama teman-teman berkunjung ke rumah Bu Fasilitator ibu Sudarsi, S.Pd., M.Pd dan pak PP Bapak H...