Senin, 13 Februari 2023

Februari Ceria ke-14 tanggal 14/02/2023

Februari Ceria ke-14
Tantangan ke-14 menulis Februari Ceria 2023 
Tanggal 14 Februari 2023
Tema Pendidikan. 

Pengalaman Adalah Guru Terbaik.

Nunung Fika Herawati Efendi, S.Pd


Kita diberikan kehidupan melewati banyak hal, semua orang memiliki masalah cobaan yang berbeda sesuai dengan takarannya sendiri-sendiri.

Hari ini ada pergantian Korwil diwilayah kami sosok keibuan yang sangat ngayomi harus pindah karena ada nota tugas meskipun sebentar lagi pensiun.
Digantikan oleh korwil yang baru yang lebih muda. Banyak orang yang sukses belajar dari pengalaman hidupnya dan pengalaman orang lain.

Maka, jika ingin sukses belajarlah dari pengalaman. Selanjutnya, orang yang sukses banyak belajar dari kegagalan. Karena itu, jangan takut gagal karena kegagalan berasal dari kesuksesan.

Pengalaman adalah guru terbaik. Bukan hanya pengalaman dirinya sendiri, melainkan juga pengalaman dari orang lain. Pengalaman atau peristiwa buruk diambil pelajarannya agar tidak dilakukan dan pengalaman atau peristiwa baik agar terus dilakukan.akan tetapi banyak orang yang tidak belajar dari pengalaman.

Belajar dari pengalaman, baik pengalaman pribadi maupun pengalaman dari orang lain, akan membuat seseorang mawas diri dan hati-hati dalam melakukan sesuatu. Ia tidak melakukan kesalahan dua kali atau berkali-kali. Justru ia akan terus-menerus memperbaiki diri untuk tidak melakukan kesalahan kembali.

Makin seseorang melakukan perbaikan, maka kualitas dirinya akan kian meningkat. Imbasnya, kehidupannya pun menjadi lebih baik. Akhirnya orang tersebut akan menjadi orang yang bahagia hidupnya, Orang bahagia orang yang cerdas adalah yang dapat mengambil pelajaran dari pengalaman atau peristiwa orang lain.

Setiap orang menginginkan kebahagiaan di dunia dan akhirat. kita mampu belajar dari kesalahan pada masa lalu, kemudian memperbaiki secara sungguh-sungguh apa yang salah, sembari belajar hal-hal yang baik dari orang lain untuk kita tiru dan lakukan, kita akan menjadi manusia yang maju dan bahagia.siapapun atau apa pun profesi kita, mari kita laksanakan segala aktivitas kita dengan ikhlas, baik, dan benar. Sebab, sesungguhnya apa pun yang kita kerjakan hari ini akan menjadi pengalaman di kemudian hari.

Semoga kita semua kesehatan, keselamatan, rahmat, berkah, umur panjang, rezeki halal, ampunan atas dosa kita, serta kemudahan mengarungi kehidupan. Selamat bertugas di tempat yang baru ibu, dan selamat datang pada korwil yang baru semoga membawa kebaikan kepada diri saya pribadi dan semua. Karena rencana Alloh adalah sebaik-baiknya rencana.

Salam literasi.

Tidak ada komentar:

Berkunjung ke rumah Bu Fasilitator dan Pak Pendamping Praktik

Hari ini Senin tanggal 15 April 2024 Saya bersama teman-teman berkunjung ke rumah Bu Fasilitator ibu Sudarsi, S.Pd., M.Pd dan pak PP Bapak H...