Minggu, 12 Februari 2023

Februari Ceria ke-12 tanggal 12/02/2023

Februari Ceria ke-12
Tantangan ke-12 menulis Februari Ceria 2023 
Tanggal 12 Februari 2023
Tema Pendidikan. 

Percaya diri dengan bercerita

Nunung Fika Herawati Efendi, S.Pd


Kita sebagai pendidik perlu bersyukur atas nikmat yang diberikan, banyak yang bisa dilakukan bisa bermanfaat untuk sekitar terutama anak didik.Apapun yang dilakukan oleh seseorang, itu hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiiri, bermanfaat bagi bangsanya, dan bermanfaat bagi manusia.

Kepercayaan diri adalah sebuah kondisi mental atau psikologis diri seseorang yang memberi keyakinan kuat pada dirinya untuk berbuat atau melakukan sesuatu tindakan. Orang yang memiliki rasa percaya diri mengetahui kemampuan dirinya dan dapat menggunakan kemampuannya untuk melakukan suatu hal. Sebaliknya, Orang yang tidak percaya diri memiliki konsep diri negatif serta kurang percaya pada kemampuannya sehingga ia sering menutup diri.

Tidak semua orang mempunyai kepercayaan diri yang baik. Padahal, kepercayaan diri adalah sikap penting yang harus dimiliki setiap individu. Terutama dalam kehidupan sosial di masyarakat kepercayaan diri dipercaya, dapat menjadi kunci kesuksesan hidup seseorang.

Kepercayaan diri adalah sikap mental yang sangat penting dan dibutuhkan oleh setiap orang, termasuk siswa. Karena pada dasarnya setiap orang memiliki kemampuan atau kompetensi di dalam dirinya. Begitu pula dengan siswa. Namun, Kepercayaan diri masih menjadi permasalahan. Tidak semua siswa merasa percaya diri dengan kemampuannya.

Banyak faktor yang mempengaruhi kondisi ini. Baik internal ataupun eksternal. Antara lain, pola asuh orang tua dirumah, jenis kelamin,kematangan usia, penampilan fisik, hubungan keluarga ataupun teman sebaya.  Siswa yang kurang berinteraksi akan muncul sikap minder, takut untuk menunjukan dirinya dan selalu khawatir terhadap penilaian negatif orang lain.

Menumbuhkan dan meningkatkan kepercayaan diri siswa adalah tanggung jawab banyak pihak. Lingkungan juga berperan dalam pertumbuhan mental seorang siswa berubah dari waktu ke waktu, sesuai tahapan usia.
Karena itulah, menumbuhkan sikap percaya diri menjadi salah satu peran penting yang dapat dilakukan oleh guru di lingkungan sekolah. Salah satu yang dapat diupayakan guru untuk menumbuhkan kepercayaan diri siswa adalah memberikan kesempatan kepada siswa untuk tampil berbicara dan bercerita di depan kelas, diantara teman-temannya.

Kegiatan Literasi hanya digunakan untuk membaca buku selama kurang lebih lima belas menit, kali ini kegiatan di variasikan dengan kegiatan bercerita yang dilakukan oleh siswa. Kegiatan di SD Negeri 01 Doplang dilaksanakan setiap hari sebelum pembiasan berdoa bersama.

Siswa membawa buku cerita dari rumah, karena merasa tidak mampu dan tidak percaya diri. Ada juga yang beralasan tidak mempunyai sumber bacaan/ buku cerita. Maka saya sebagai guru memberikan solusi dengan meminjamkan buku cerita yang tersedia di perpustakaan kelas/pojok baca. Akhirnya, setelah mendapatkan solusi, penguatan dan motivasi siswa tersebut bersedia mencoba.

Setelah itu Bu guru masuk meminta anak untuk menceritakan kembali apa yang sudah dibaca secara singkat.

Tidak ada komentar:

Berkunjung ke rumah Bu Fasilitator dan Pak Pendamping Praktik

Hari ini Senin tanggal 15 April 2024 Saya bersama teman-teman berkunjung ke rumah Bu Fasilitator ibu Sudarsi, S.Pd., M.Pd dan pak PP Bapak H...