Kamis, 22 Februari 2024

Jurnal-Refleksi-Dwi Mingguan Modul 3.3

Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 3.3

Model 1 : Model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) Yang dikembangkan oleh Dr.Roger Greenaway. Refleksi ini menuliskan apa yang telah dilakukan selama satu minggu ini, hal apa yang menarik dan rencana selanjutnya yang akan dilakukan pada minggu selanjutnya. Jurnal refleksi ini menggunakan model 1 yaitu 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway.

Jadwal Paket Modul 3.3

1. Mulai dari Diri & Eksplorasi konsep -Mnadiri Rabu 28 Februari 2024

2. Eksplorasi Konsep Mandiri Kamis 29 Februari 2024

3. Due Date Koneksi Antar Materi 3.2 Kamis 29 Februari 2024

4. Eksplorasi Konsep - Forum Diskusi Jumat 1 Maret 2024

5. Eksplorasi Konsep Forum Diskusi Senin 4 Maret 2024

6. Ruang Kolaborasi Selasa 5 Maret 2024

7. Ruang Kolaborasi Rabu 6 Maret 2024

8. Demontrasi Konstektual Kamis 7 Maret 2024

9. Demonstrasi Konstektual Jumat 8 Maret 2024

10. Elaborasi Pemahaman /Koneksi Antar Materi Senin 11 Maret 2024

11. Due Date Ruang Kolaborasi Modul 3.3  Senin 11 Maret 2024

12. Elaborasi Pemahaman / Koneksi Antar Materi  Selasa 12 Maret 2024

13. Aksi Nyata Rabu-Senin 13-18 Maret 2024

14. Due Date Demontrasi Konstektual Modul 3.3 Rabu 13 Maret 2024

15. Post Test Paket Modul 3 Kamis 14 Maret 2024

16. Pendampingan Individu Senin-Jumat 11-15 Maret 2024

17. Lokakarya 5 Sabtu 16 Maret 2024

18. Jurnal Refleksi Dwimingguan  Sabtu 16 Maret 2024

19. Due Date Koneksi Antar Materi Modul 3.3 Senin 18 Maret 2024

20. Due Date pengumpulan Aksi Nyata Modul 2.3 Selasa 19 Maret 2024

21. Pendampingan individu Senin-Jumat 25-29 Maret 2024

22. Lokakarya 6 Sabtu 30 Maret 2024

23. Due Date Pengumpulan Aksi Nyata Modul 3.3 Jumat 5 April 2024 

24. Lolakarya 7 Sabtu 13 April 2024

25 Due Date Pengumpulan Rencana Kerja Pengembangan Program Sekolah 16 April 2024

26. Jadwal Penarikan Nilai Paket Modul 3 oleh Satker Selasa 30 April 2024


1. Facts (Peristiwa)

Yang saya rasakan pada minggu ke dua ini adalah minggu yang membahagiakan sekaligus menyedihkan.Membahagiakan karena meskipun banyak tugas yang harus saya kerjakan, dapat terselesaikan dengan tepat waktu dan saya senantiasa diberikan kesehatan oleh Alloh, Fasilitator dan Pengajar Praktik yang luar biasa, Teman-teman CGP angkatan 9 yang hebat.
Syukur Alhamdulillah Jika pikiran diibaratkan sebuah gelas, berusaha saya kosongkan supaya saya bisa menerima ilmu yang saya pelajari dari PGP ini. 

Saya berupaya akan adanya perubahan sebagai guru sebelum dan sesudah mengikuti PGP karena tugas sebagai Guru Penggerak sangatlah luar biasa yaitu untuk mengimplementasikan Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid.Adapun hal yang menyedihkan adalah pada minggu ini merupakan vicon terakhir kami dengan Fasilitator kami yaitu Sudarsi yang selama kami menjalani program guru penggerak selalu sabar dan juga telaten membimbing kami dalam mengerjakan tugas-tugas di LMS. Meskipun kami belum pernah bertemu dengan beliaunya secara langsung, akan tetapi kedekatan rasa persaudaraan antara Fasilitator dan semua CGP di kelas kami terasa mendalam. Semoga suatu saat nanti kami para CGP dari Kabupaten Karanganyar terutama kelas B2 dipertemukan dengan beliaunya secara langsung dalam keadaan sehat walafiat, Amin.

2. Feelings (Perasaan)
Yang saya rasakan pada minggu ke dua ini adalah minggu yang membahagiakan sekaligus menyedihkan.Membahagiakan karena meskipun banyak tugas yang harus saya kerjakan, dapat terselesaikan dengan tepat waktu dan saya senantiasa diberikan kesehatan oleh Alloh,Alhamdulillah… Jika pikiran diibaratkan sebuah gelas, berusaha saya kosongkan supaya saya bisa menerima ilmu yang saya pelajari dari PGP ini. Saya berupaya akan adanya perubahan sebagai guru sebelum dan sesudah mengikuti PGP karena tugas sebagai Guru Penggerak sangatlah luar biasa yaitu untuk mengimplementasikan Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid.

Adapun hal yang menyedihkan adalah pada minggu ini merupakan vicon terakhir kami dengan Fasilitator kami yaitu Sulastri yang selama kami menjalani program guru penggerak selalu sabar dan juga telaten membimbing kami dalam mengerjakan tugas-tugas di LMS. Meskipun kami belum pernah bertemu dengan beliaunya secara langsung, akan tetapi kedekatan rasa persaudaraan antara Fasilitator dan semua CGP di kelas kami terasa mendalam. Semoga suatu saat nanti kami para CGP dari Kabupaten Purbalingga terutama kelas B2 dipertemukan dengan beliaunya secara langsung dalam keadaan sehat walafiat, Amin.
3. Findings (Pembelajaran)
Modul 3.3 ini menambah pemahaman saya dan CGP lain bahwa sebuah program yang dirancang dan dibuat perlu termuat contents voice/suara, choice/pilihan dan ownership/kepemilikan murid. Step yang dilakukan dalam membuat program yang berdampak pada murid adalah dengan maping asset/ strengthness / potensi yang dimiliki oleh sekolah dengan tepat. Maping asset yang tepat akan memudahkan optimalisasi program berjalan dengan lancar tentunya membantu meminimalisir kendala. Optimalisasi asset yang benar tentunya memudahakan dalam mewujutkan visi-dan misi sekolah. Modul ini juga menambah wawasan kami CGP untuk mengelola sebuah program yang berdampak pada murid dengan strategi MELR( monitoring, evaluation, learning and reporting). 

Selain dari itu kami juga di ajarkan pentingnya mengkaji SWOT (strengths, weakness, opportunities, threats) pada rencana program yang dibuat. Analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman) ini pun bermamfaat untuk meminimalisir resiko dalam menjalankan program yang berdampak pada murid di SD Negeri 01 Doplang 
Pembelajaran modul 3.3 ini merupakan point yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin dalam pembelajaran dalam rangka lebih berkreasi dan berinovasi serta bersinergi untuk mengembangkan asset yang ada di sekolah. Program yang terkelola dengan baik akan berdampak pada merdeka belajar dan tentunya akan melahirkan murid yang berprofil pelajar Pancasila.

4 Future (Penerapan)

Rancana kedepan dengan materi yang sudah didapat sebagai CGP akan sharing dengan rekan sejawat dan mengimplementasikan yang saya dapat di sekolah. Dalam menyusun sebuah program yang dirancang tentunya perlu termuat contents voice/suara, choice/pilihan dan ownership/kepemilikan murid. Jika ada kendala yang didapat kami CGP sudah tahu bagaimana meminimalisir resiko yang didapat.

Tidak ada komentar:

Berkunjung ke rumah Bu Fasilitator dan Pak Pendamping Praktik

Hari ini Senin tanggal 15 April 2024 Saya bersama teman-teman berkunjung ke rumah Bu Fasilitator ibu Sudarsi, S.Pd., M.Pd dan pak PP Bapak H...